Saturday, September 13, 2014

TUGAS PKN 2 (Pancasila sebagai sumber nilai dan paradigma pembangunan)


1.     PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI
Diterimanya pancasila sebagai dasar negara dan ideologi nasional membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok, landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia. Pancasila berisi lima sila yang pada hakikatnya berisi lima nilai dasar yang fundamental. Nilai-nilai dasar dari pancasila tersebut adalah nilai Ketuhanan Yang Maha Esa, Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, nilai Persatuan Indonesia, nilai Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalan permusyawaratan/perwakilan, dan nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Dengan pernyataan secara singkat bahwa
nilai dasar Pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.
2.     5 BUKTI BAHWA PANCASILA BENAR BENAR SEBAGAI SUMBER NILAI
a.       Nilai Ketuhanan
Nilai ketuhanan Yang Maha Esa Mengandung arti adanya pengakuan dan keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai pancipta alam semesta. Dengan nilai ini menyatakan bangsa indonesia merupakan bangsa yang religius bukan bangsa yang ateis. Nilai ketuhanan juga memilik arti adanya pengakuan akan kebebasan untuk memeluk agama, menghormati kemerdekaan beragama, tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antarumat beragama.
b.      Nilai Kemanusiaan
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab mengandung arti kesadaran sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai moral dalam hidup bersama atas dasar tuntutan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimana mestinya.
c.       Nilai Persatuan
Nilai persatuan indonesia mengandung makna usaha ke arah bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus mengakui dan menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia.
d.      Nilai Kerakyatan
Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga perwakilan.
e.       Nilai Keadilan
Nilai Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat Indonesia Yang Adil dan Makmur secara lahiriah atauun batiniah. Nilai-nilai dasar itu sifatnya abstrak dan normatif. Karena sifatnya abstrak dan normatif, isinya belum dapat dioperasionalkan. Agar dapat bersifat operasional dan eksplisit, perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya. Sebagai nilai dasar, nilai-nilai tersebut menjadi sumber nilai. Artinya, dengan bersumber pada kelima nilai dasar diatas dapat dibuat dan dijabarkan nilai-nilai instrumental penyelenggaraan negara Indonesia.
3.     MAKNA PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Kita tentunya tahu rumusan Pembukaan Undang – Undang dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alenia IV. Dalam rumusan tersebut dinyatakan bahwa tujuan negara Republik Indonesia adalah melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia; memajukan kesejahteraan umum; mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka bangsa indonesia menyelenggarakan proses pembangunan nasional.
Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Dalam pelaksanaanya, pembangunan nasional mengacu pada kepribadian bangsa dan nilai – nilai luhur yang universal untuk mewujudkan kehidupan bangsa yang berdaulat, mandiri, berkeadilan, sejahtera, maju serta kokoh kekuatan moral dan etikanya. Oleh sebab itu, untuk mencapai semua itu bangsa dan negara Indonesia harus menjadikan pancasila sebagai paradigma pembangunan.
4.     PERWUJUDAN PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
a.       Pancasila sebagai paradigma pembangunan Politik
Proses pembangunan politik negara terutama dalam proses reformasi dewasa ini harus mendasarkan pada moralitas sebagaimana tertuang dalam sila-sila pancasila, sehingga praktek-praktek politik yang menghalalkan segala cara seperti memfitnah, memprovokasi, dan menghasut rakyat harus segera di akhiri. Selain itu, perwujudan pancasila dalam pengembangan kehidupan politik dapat dilakukan dengan cara:

·         Mewujudkan tujuan negara demi peningkatan harkat dan martabat manusia Indonesia
·         Memposisikan rakyat Indonesia sebagai subjek dalam kehidupan politik, bukan hanya sebagai objek politik penguasa semata
·         Sistem politik negara harus mendasarkan pada tuntutan hak dasar kemanusiaan, sehingga sistem politik negara harus mampu menciptakan sistem yang menjamin perwujudan hak asai manusia
·         Para penyelenggara negara dan para politisi senantiasa memegang budi pekerti kemanusiaan serta memegang teguh cita-cita moral rakyat Indonesia
contoh perilaku yang tidak sesuai dengan paradigma pembangunan politik yang menyimpang:
1)    tidak menganut sistem pemerintahan yang demokrasi
2)    tidak melaksanakan pemilu secara luber dan jurdil
3)    presiden bersikap semena-mena

b.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang ekonomi
Perwujudan pancasila sebagai paradigma dan moralitas dalam pembangunan bidang ekonomi dapat dilakukan dengan cara:
·         Sistem ekonomi negara senantiasa mendasarkan pada pemikiran untuk mengembangkan ekonomi atas dasar moralitas kemanusiaan dan ketuhanan
·         Menghindari pengembangan ekonomi yang mengarah pada sistem monopoli dan persaingan bebas
·         Mengembangkan sistem ekonomi kerakyatan dan kekeluargaan yang ditujukan untuk mencapai kesejahteraan rakyat secara luas
contoh perilaku yang tidak sesuai dengan paradigma pembangunan ekonomi yang menyimpang :
1)    menjual rokok tidak dengan ijin dari bea cukai
2)    menjual minuman keras
3)    terlambat membayar hutang
4)    menjual membeli barang ilegal.

c.       Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang sosial budaya
Pembangunan sosial budaya termasuk salah satu aspek pembangunan yang penting dan senantiasa terus ditingkatkan kualitasnya. Seperti halnya dalam pembangunan aspek yang lainnya, pancasila kembali menjadi dasar moralitas utama untuk menyelenggarakan proses pembangunan dalam aspek ini, yang dapat diwujudkan dengan cara:

·         Senantiasa berdasarkan kepada sistem nilai yang sesuai dengan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat indonesia
·          Pembangunan ditujukan untuk meningkatkan derajat kemerdekaan manusia dan kebebasan spiritual
·         Menciptakan sistem sosial budaya yang beradap melaui pendekatan kemanusian secara universal
contoh perilaku yang tidak sesuai dengan paradigma pembangunan sosial budaya yang menyimpang :
1)    memperingati valentine day
2)    ikut-ikutan merayakan hallowen
3)    meramaikan tempat diskotik
4)    meniru pakaian budaya barat

d.      Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang pertahanan dan keamanan
Persatuan dan kesatuan bangsa indonesia dapat terwujud salah satunya dengan adanya sistem pertahanan dan keamanan negara. Oleh karena itu, pembangunan dalam bidang pertahanan dan keamanan mutlak dilakukan dengan senantiasa berlandaskan pada nilai-nilai pancasila. Perwujudan nilai-nilai pancasila dalam pembangunan bidang ini dapat dilakukan dengan cara:
·         Pertahanan dan keamanan negara harus berdasarkan kepada tujuan demi tercapainya kesejahteraan hidup manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa
·         Pertahanan dan keamanan negara harus berdasarkan pada tujuan demi tercapainya kepentingan seluruh warga negara indonesia
·         Pertahanan dan keamanan harus mampu menjamin hak asai manusia, persamaan derajat serta kebebasan kemanusiaan
·         Pertahanan dan keamanan negara harus dipruntukan demi terwujudnya keadilan dalam kehidupan masyarakat
Contoh perilaku yang tidak sesuai dengan paradigma pembangunan pertahanan dan keamanan :
1)      Unjuk rasa tanpa pengawasan polisi
2)      Tawuran pelajar
3)      Pungutan liar

5.     BUTIR BUTIR PENGAMALAN PANCASILA
1)    Ketuhanan Yang Maha Esa
a.       Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaannya dan ketaqwaannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b.       Manusia Indonesia percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab.
c.       Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama antara pemeluk agama dengan penganut kepercayaan yang berbeda-beda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
d.      Membina kerukunan hidup di antara sesama umat beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
e.       Agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah masalah yang menyangkut hubungan pribadi manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
f.       Mengembangkan sikap saling menghormati kebebasan menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
g.      Tidak memaksakan suatu agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepada orang lain.
2)    Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
a.       Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa.
b.      Mengakui persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya.
c.       Mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia.
d.      Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira.
e.       Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain.
f.       Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
g.      Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.
h.      Berani membela kebenaran dan keadilan.
i.        Bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia.
j.        Mengembangkan sikap hormat menghormati dan bekerjasama dengan bangsa lain.
3)    Persatuan Indonesia
a.       Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
b.      Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
c.       Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
d.      Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan bertanah air Indonesia.
e.       Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
f.       Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
g.      Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
4)    Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
a.       Sebagai warga negara dan warga masyarakat, setiap manusia Indonesia mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama.
b.      Tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain.
c.       Mengutamakan musyawarah dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama.
d.      Musyawarah untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargaan.
e.       Menghormati dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang dicapai sebagai hasil musyawarah.
f.       Dengan i’tikad baik dan rasa tanggung jawab menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawarah.
g.      Di dalam musyawarah diutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
h.      Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.
i.        Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia, nilai-nilai kebenaran dan keadilan mengutamakan persatuan dan kesatuan demi kepentingan bersama.
j.        Memberikan kepercayaan kepada wakil-wakil yang dipercayai untuk melaksanakan pemusyawaratan.
5)    Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
a.       Mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong royongan.
b.      Mengembangkan sikap adil terhadap sesama.
c.       Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
d.      Menghormati hak orang lain.
e.       Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri.
f.       Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain.
g.      Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
h.      Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan atau merugikan kepentingan umum.
i.        Suka bekerja keras.
j.        Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
k.      Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

Daftar Pustaka :


SOAL

1. Upaya penegakan hukum oleh aparat penegakan hukum tidak boleh berterntangan dengan pancasila. Pernyataan tersebut menunjukan kedudukan Pancasila sebagai ...
a.       Dasar negara
b.      Jiwa kepribadian bangsa
c.       Tujuan dan cita-cita bangsa
d.      Pandangan hidup bangsa
e.       Sumber nilai dari segala hukum

2. Dalam menyelesaikan masalah, bangsa Indonesia harus menjadikan Pancasila sebagai tolok ukur dalam memecahkan masalah bermasyarakat, berbangsa, dan bernegaramencerminkan fungsi Pancasila sebagai ...
a.       dasar negara
b.      perjanjian luhur
c.       pandangan hidup
d.      paradigma kehidupan
e.       jiwa kepribadian bangsa

3. Bung Hatta adalah pemrakarsa berdirinya perekonomian yang berbasis pada Pancasila, yaitu ...
a.       fidusia
b.      koperasi
c.       perbankan
d.      keuangan islam
e.       pengadaian

4.      Berikut ini hal-hal yang mencerminkan Pancasila sebagai paradigma dalam pembanggunan politik kecuali ...
a.       Kedaulatan rakyat
b.      Musyawarah mufakat
c.       Politik berdasarkan kekeluargaan
d.      Politik berdasarkan moral ketuhanan
e.       Politik berdasarkan pada kemanusian

5. Menurut Sri Sultan Hamengku Buwono X, gerakan reformasi harus tetap diletakkan dalam kerangka pancasila sebagai ...
a.       Falsafah hidup bangsa
b.      Pandangan hidup bangsa
c.       Ideologi terbuka
d.      Landasan cita-cita dan ideologi
e.       Tujuan dan cita-cita bangsa

6. Salah satu prinsip etis sebagai landasan pembangunan di bidang hukum adalah ...
a.       Semua orang mempunyai hak yang sama di dalam hukum dan pemerintahan
b.      Memberikan kebebasan dalam rangka memeluk dan mengamalkan ajaran agama
c.       Mengembangkan sistem ekonomi yang berperi kemanusiaan
d.      Mengembangkan prinsip hidup berdampingan secara damai dengan bangsa lain
e.       Memelihara nilai-nilai yang telah lama ada dan relevan

7. Nilai pancasila yang baik akan benar tercantum dalam ...
a.       Pembukaan UUD 1945
b.      Rumusan Ir.Soekarno
c.       Piagam Jakarta
d.      Rumusan soepomo
e.       Rumusan M. Yamin

8. Nilai-niali dasar Pancasila sifatnya belum Operasional. Hal tersebut berarti ..
a.       Memerlukan nilai dasar sebagai penjelas
b.      Belum bisa dijabarkan secara langsung dalam kehidupan masyarakat
c.       Memerlukan nilai instrumental sebagai sumber nilai bagi pengembangan nilai pancasila
d.      Masih bersifat khusus
e.       Belum bisa dipahami secara langsung

9. Pada hari buruh, ratusan buruh memnuhi bundaran HI untuk berorasi menuntut peningkatan kesejahteraan yang telah lama dijanjikan. Mereka juga menuntut pemerintah agar menegakkan hukum dan berlaku adil. kal ini mencerminkan nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yaitu sila ...
a.       Pertama
b.      Kedua
c.       Ketiga
d.      Keempat
e.       kelima
10. pembangunan nasional harus dapat dirasakan seluruh rakya. Oleh karena itu pembangunan nasional harus berpedoman pada ...
a.       lembaga negara
b.      pemerintah
c.       UUD 1945
d.      Pancasila
e.       Rakyat
11. Penyusun tata aturan hidup berbangsa dan bernegara harus bersumber pada pancasila. Pernyataan tersebut menunjukkan fungsi pencasila sebagai ...
a.       Isu politik
b.      Sumber nilai
c.       Wacana publik
d.      Prespektif sosial
e.       Paradigma politik
12. Pancasila dapat menjadi dorongan untuk melepaskan simbol simbol dari keterkaitan struktur menunjukkan pancasila sebagai paradigma di bidang ...
a.       Pertahanan dan keamanan
b.      Ekonomi
c.       Politik
d.      Ideologi
e.       Sosial budaya

13.  Pancasila sebagai paradigma pembangunan artinya pancasila berfungsi sebagai acuan dan pedoman dalam ...
a.       Menyusun dan merencanakan pola pembangunan di indonesia
b.      Memperjuangkan, mengisi, dan mempertahankan kemerdekaan indonesia
c.       Menentukan, membuat program, dam melaksanakan pembangunan di indonesia
d.      Memperbincangkan, merencanakan, dan melaksanakan pembangungan di indonesia
e.       Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan di indonesia

14. Pancasila sebagai paradigma pembangunan, artinya pancasila berisi anggapan-anggapan dasar yang merupakan cara pandang, keyakinan, nilai yang berfungsi sebagai acuan dan pedoman dalam ...
a.       Membahas perencanaan pembangunan bangsa yang menyeluruh
b.      Menentukan, membuat program, dan melaksanakan pembangunan
c.       Merencanakan pembangunan nasional yang meliputi segala aspek kehidupan
d.      Memperjuangkan, mengisi, dan mempertahankan kemerdekaan negara
e.       Menyusun dan merencanakan pola-pola pembangunan yang akan dilaksanakan

15. Perhatiakn pernyataan-pernyataan berikut ini :
1)      Pembangunan dilaksanakan demi terwujudnya masyarakat yang demokratis
2)      Pembangunan menghargai kemajemukan masyarakat indonesia
3)      Sistem politik yang didasarkan pada nilai-nilai moral bukan sekedar kekuasaan
4)      Memelihara nilai-nilai yang telah lama hidup dan relevan bagi kemajuan masyarakat
Hukum yang berlaku harus benar-benar memberikan kepastian hukum bagi pencari keadilan
Pancasila sebagai landasan pembangunan bidang sosial budaya memberikan prinsip etis seperti yang ditunjukan oleh nomor ...
a.  1,2, dan 3                                                    d. 2,3, dan 4
b.  1,2, dan 4                                                     e. 2,3, dan 5
c.  1,3, dan 4

16.  Akibat yang akan terjadi jika pelaksanaan sila ke-2 pancasila terlepas dari sila yang lain adalah....
a.       Chauvinisme
b.      teokrasi absolut
c.       demokrasi liberal
d.      kosmopolitanisme
e.       sosialisme yang atheis

17. Salah satu makna sila kemanusiaan adalah....
a.       menyeleseikan masalah dengan musyawarah
b.      tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
c.       rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
d.      menjaga keseimbangan antar hak dan kewajiban
e.       kesadaran sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai moral dan tuntutan hati nurani

18. Di dalam sila-sila pancasila terdapat nilai-nilai dasar yang sangat berguna bagi kehidupan bangsa indonesia. Nilai-nilai dasar pancasila tersebut merupakan esensi dari....
a.       masyarakat
b.      konstitusi negara
c.       sila-sila dalam pancasila
d.      undang –undang dasar 1945
e.       landasan operasional pancasila
19. Alasan yang sesuai untuk menjelaskan kedudukan sila ke-5 yang diletakkan pada posisi paling atas adalah....
a.       sila ke-5 merupakan dasar umum
b.      sila ke-5 lingkupnya paling sempit
c.       sila ke-5 memiliki jangkauan yang lebih luas
d.      sila ke-5 menjadi dasar sila di bawahnya
e.       sila ke-5 merupakan dasar dari pancasila

 20. Sila-sila pancasila disusun secara urut dan berjenjang. Hal ini mnunjukan bahwa pancasila....
a.       dasar negara yang kukuh
b.      satu kesatuan yang bulat dan utuh
c.       tersusun scara hierarkis piramidal
d.      dasar yang tersusun secara sistematis
e.       tersusun secara sistematis dan hierarkis

21. Nilai intrinsik pancasila, kebenaranya dapat dibuktikan secara....
a.       universal
b.      khusus
c.       absolut
d.      objektif
e.       sejati

22. Pelaksanaan etika ekonomi dan bisnis bertujuan untuk....
a.       meminimalisasi praktik nepotisme
b.      mewujudkan masyarakat adil dan makmur
c.       menghindari terjadinya sistem padat karya
d.      meningkatkan kuantitas kerja di segala bidang
e.       mencegah terjadinya kebijakan ekonomi yang bernuansa korupsi

23. Secara yuridis ketatanegaraan, fungsi pancasila dalam negara Republik Indonesia sebagai....
a.       sumber hukum
b.      pengatur tingkah laku pribadi
c.       penyaring kebudayaan dari luar
d.      cara-cara dalam mencari kebenaran
e.       pengatur hidup masyarakat pada umumnya

24.  Pelaksanaan etika penegakan hukum yang berkeadilan dilakukan dengan....
a.       mencari celah agar bebas dari hukuman
b.      menghafal peraturan hukum yang berlaku
c.       menyeleseikan masalah hukum di Indonesia
d.      menaati hukum positif yang ada di Indonesia
e.       menaati peraturan yang memberikan keuntungan

25. Peraturan perundang-undangan Indonesia yang menduduki tingkat tertinggi dalam hierarki perundang-undangan adalah....
a.       pancasila
b.      UUD 1945
c.       ketetapan MPR
d.      UU
e.       peraturan pemerintah
26. Rumusan sila-sila pancasila memiliki makna yang terdalam, menunjukan adanya sifat-sifat yang umum, dan abstrak karena merupakan suatu nilai Pancasila yang bersifat....
a.       umum
b.      objektif
c.       subjektif
d.      universal
e.       fundamental

27. Gerakan reformasi yang dilakukn rakyat indonesia bertujuan untuk mewujudkan....
a.       kekuasaan monarki
b.      dominasi para penguasa
c.       kekuasaan yang langgeng
d.      pemerintahan yang otoriter
e.       masyarakat yang sejahtera

28. Pengembangan iptek memiliki tujuan yang esensial, yaitu....
a.       kebaikan pemerintah
b.      kesejahteraan umat manusia
c.       keadilan seluruh masyarakat indonesia
d.      memperoleh kepercayaan dari dunia luar
e.       mengharumkan nama bangsa di mata dunia

29. Berikut hal-hal yang mencerminkan pancasila sebagai paradigma dalam pembangunan politik, kecuali....
a.       kedaulatan rakyat
b.      musyawarah mufakat
c.       politik berdasarkan kekeluargaan
d.      politik berdasar moral ketuhanan
e.       politik yang berdasar pada kemanusiaan

30. Menurut Sri Sultan Hamengkubuwono X, gerakan reformasi harus tetap diletkkan dalam kerangka pancasila sebagai....
a.       ideologi terbuka
b.      falsafah hidup bangsa
c.       pandangan hidup bangsa
d.      tujuan dan cita-cita bangsa
e.       landasan cita-cita dan ideologi

3 comments: